#SIP Sistem Informasi Psikologi
A. CBIS DAN
DATA
1.
CBIS
Definisi CBIS
Menurut
Teguh (2004), computer Based information system (CBIS) atau dalam bahasa
indonesianya disebut juga dengan Sistem Informasi Berbasis komputer merupakan
sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan
untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan.
Menurut
Yulid
(2011), sistem Informasi
Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan
sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan
dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan,
koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang
terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem
informasi dan basis komputer.
Menurut Fattah
(2009), CBIS adalah
Sistem Informasi yang paling penting dalam pengendalian manajemen. Hal
inidisebabkan karena tujuan dari pengendalian manajemen adalah untuk membantu
manajemen dalam mengkoordinasi sub unit-sub unit dari organisasi dan
mengarahkan bagian-bagian tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan. Dua hal
yang menjadi perhatian dari definisi diatas adalah mengkoordinasi dan
mengarahkan.
Berdasarkan
pendapat yang di kemukakan di atas ditarik kesimpulan bahwa CBIS merupakan
teknologi system computer sangat
dibutuhkan oleh para pemimpin dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk
pengambilan keputusan yang dapat dipertanggung jawabakan. Penyimapan arsip atau
dokumen-dokumen yang dilakukan oleh para manager secara komputerisasi ini dapat
diproses dengan cepatdan dalam pencariannya tidak membutuhkan waktu yang lama,
sehingga informasi yang dibutuhkan oleh para manager dapat segera ditampilkan.
Evolusi
CBIS
- Berfokus
pada (SIA)
Subsistem
yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan perusahaan menjadi jauh lebih mudah
dan sederhana dengan penggunaan sistem komputer. Saat tindakan berlangsung dan
transaksi terjadi, data dimasukkan ke dalam basis data. Salah satunya adalah
ketika data akuntansi ini masuk ke dalam pusat pengumpulan data yang dilakukan
oleh pekerja dan pengawas kendali kualitas saat produksi berlangsung.
- Berfokus pada Informasi (SIM)
SIM
bertanggung jawab dalam menyediakan informasi untuk seluruh manajer perusahaan
dalam bentuk laporan berkala, laporan khusus, dan keluaran bentuk matematika.
Para manajer di semua wilayah fungsi dapat menerima keluaran ini, yang sebagian
besar dihasilkan dari gabungan data SIA yang ada. Contoh laporan yang dimaksud
adalah manajer kendali kualitas dapat menerima laporan bulanan yang menunjukan tingkat
penolakan untuk masing-masing tahap dalam proses di pabrik.
- Berfokus pada Penunjang Keputusan (SDK)
Sistem
ini memungkinkan pembuatan keluaran (out put) untuk masalah khusus yang berkenaan
dengan kualitas. Penerapan SDK yang berbasis sistem komputer ini
dapat dilihat dari beberapa kegiatan seperti; seorang pengawas kualitas
produksi perusahaan yang dapat memperbaiki basis data untuk tampilan biaya
perbaikan produk yang disebabkan pengembalian dari pelanggan, manajer pabrik
dapat menggunakan lembaran elektronik untuk meniru pengaruh bonus kualitas pada
biaya produksi.
- Berfokus pada Komunikasi (Otomatisasi Kantor)
Prasarana telekomunikasi untuk orang-orang di dalam
perusahaan dan memampukan mereka untuk berkomunikasi di lingkungan internal
dengan para penyalur serta para pelanggan di lingkungan perusahaan. Komunikasi
ini membuat kelompok penanggung jawab kualitas, seperti komite dan kelompok
proyek, untuk menyelaraskan upaya kemampuan telekomunikasi tersebut. Pengolahan
kata (word processing), Email, surat suara (voice mail), dan
pemindahan facsimile dapat memenuhi dan menunjang pelaksanaan
subsistem ini dengan baik.
- Berfokus pada Konsultasi
Perusahaan
dapat menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligent) untuk
meraih suatu pengetahuan dan menjadi ahli dalam pengetahuan tersebut serta
untuk lebih mencakapkan para pegawai pada bentuk sistem informasi. Fungsi
sistem ahli dinamakan sebagai konsultan, dan kegiatannya disebut konsultasi.
Tingkatan operasional perusahaan merupakan tempat sistem ahli yang paling
tinggi nilai efektivitasnya. Sistem ini dapat menampilkan kebutuhan basis data
atau penggunaan di bidang lainnya secara lebih cepat. Salah satu sistem ahli
pertama adalah buatan perusahaan General Electric (GE) dari Amerika Serikat
untuk mendapatkan transfer pengetahuan dari ahli perbaikan lokomotif yang lama
dan mendekati masa pensiun.
Menurut
Asep (2007), data
adalah
deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi. Jadi pada intinya, data
merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan
nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
Menurut Annes (2012), data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan
kesatuan kenyataan yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu
informasi.
Menurut Sagiman (2010), data adalah sebagai data bisnis, merupakan deskripsi organisasi tentang
sesuatu (resources) dan kejadian (transactions) yang
terjadi.
Berdasarkan
pendapat yang di kemukakan di atas ditarik kesimpulan bahwa data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan
kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
-
Hirarki
Data
Adapun beberapa penjelasannya akan dijelaskan dalam pembahasan sepertiapa
itu hirarki data, tersebut. Hierarki data berdasarkan tingkat kompleksitas
nilai data, tingkatan data dapat disusun kedalam sebuah hirarki, mulai dari
yang paling sederhana hingga yang paling komplek.
1. Basis data, merupakan
sekumpulan dari bermacam-macam tipe record yang memilikihubungan antar record.
2. Berkas/file, merupakan
sekumpulan rekaman data yang
berkaitan denngan suatu objek.
berkaitan denngan suatu objek.
3. Record, merupakan
sekumpulan field/atribut/data item yang
saling berhubungan terhadap obyek tertentu
saling berhubungan terhadap obyek tertentu
- Penyimpanan
Data Sekunder (DASD/SASD)
Dari segi teknik
pengaksesan, terdapat 2 jenis media penyipanan, yaitu :
1. Serial/sequential
Access Storage (SASD)
Memori sekunder
yang tidak dapat di akses secara langsung di posisinya. Pengaksesan nya harus
urut. Di banding memori internal atau primer, kelebihan nya adalah kapasitas
data yang di tampung lebih besar dan harga per bit informasi yang dapat di
rekam lebih murah. Sedangkan kekurangan nya adalah pada kecepatan yang lebih
lambat. Contoh media jenis ini adalah magnetic tape, punch card, paper tape.
2. Direct
Access Storage Device (DASD)
Memori sekunder
yang dapat di akses langsung di posisinya. Di banding memori primer, jenis ini
memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama dengan jenis SASD. Contoh nya
adalah magnetic disk, optical disk, dan flash memory
- Pemrosesan
Data (Bacth, On line, Real Time)
Pemrosesan data (
data processing) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi
informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputersehingga
bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai
nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi,
maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai system informasi. Kedua
istilah ini mempunyai arti yang hampir sama,pemrosesan data mengolah dan
memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem
informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai
produk keluaran.
Pemrosesan Data
terdapat dua cara untuk mengolah data, pengolahan batch dan pengolahan online.
Pengolahabatch mencakup pengumpulan semua transaksi dan pemrosesan sekaligus,
dalam batch. Pengolahan online mencakup pengolahan transaksi satu persatu, atau
transaksi lainnya. Karena pengolahan online berorientasi transaksi, istilah
pemrosesan transaksi sering digunakan.
1. Pemrosesan
Batch
Tujuan dari sistem
ini adalah memperbarui tiga file master, persediaan, piutang, dan analisis
penjualan. Perusahaan biasanya memperbarui file batch mereka secara harian,
yang disebutsiklus harian. Kelemahan utama pengolahan batch adalah kenyataan
bahwa file baru menjadi mutakhir setelah dilakukan siklus harian. Ini berarti
manajemen tidak selalu memiliki informasi paling mutakhir yang menggambarkan sistem
fisik.
2. Pemrosesan Online
Pemrosesan online
dikembangkan untuk mengatasi masalah file yang ketinggalan jaman.Terobosan
teknologi yang memungkinkan pengolahan online adalah penyimpanan piringan
magnetik. Setiap transaksi diproses pada semua file master yang berkaitan
sementara data transaksi berada dalam penyimpanan primer. Catatan persediaan
yang sesuai dibaca dalam penyimpanan primer, diperbarui dengan data transaksi,
kemudian ditulis kembali pada DASD. Kemudian catatan piutang diperbarui dengan cara
yang sama, dilanjutkan dengan catatan analisis penjualan. Ketiga file DASD
tersebut diperbarui sebelum transaksi selanjutnya dimasukkan
3. Sistem Realtime
Istilah realtime sering digunakan
berhubungan dengan sistem komputer. System realtime
adalah suatu sistem yang mengendalikan sistem fisik. Sistem ini mengharuskan
komputer merespons dengan cepat pada status sistem fisik. Sistem realtime
adalah bentuk khusus dari sistem online.
Sistem online menyediakan sumber daya konseptual yang mutakhir, dan sistem realtime memperluas kemampuan tersebut
dengan menggunakan sumber daya konseptual untuk menentukan operasi dari sistem
fisik.
- Database
dan DBMS
Menurut Sutabri (2003), menjelaskan bahwa database adalah suatu kumpulan
data yang terhubung (interrelated data) yang disimpan secara
bersama-sama pada suatu media, tidak terulang (controlled redundancy)
dan dikontrol dengan cara tertentu sehingga mudah digunakan atau ditampilkan
kembali, dapat digunakan oleh satu atau lebih program aplikasi secara optimal,
data disimpan tanpa ketergantungan kepada program yang akan menggunakannya,
dapat ditambah, diambil, dimodifikasi dengan mudah dan terkontrol.
Database adalah sebuah tempat penyimpanan data dari kumpulan informasi di dalam
komputer yang dihimpun secara sistematis sehingga dapat diolah oleh program
komputer yang dapat menghasilkan sebuah data untuk tujuan tertentu. Hasil olahan yang dihasilkan dari
database biasanya bisa digunakan untuk mengambil sebuah keputusan penting bagi
sebuah perusahaan, database juga bisa digunakan untuk menyimpan data history
sebuah perusahaan dan masih banyak lagi fungsinya.
DBMS adalah sebuah tools perangkat
lunak yang digunakan user untuk membuat, memanipulasi, mengontrol dan mengakses
database yang mereka miliki secara cepat dan efisien.
Ada begitu banyak DBMS yang
populer digunakan di dunia saat ini mulai dari yang opensource, gratis, sampai
yang license berbayar. Beberapa diantara DBMS yang terkenal antara lain :
1. Microsoft SQL Server
2. Oracle
3. Teradata
4. MySQL
5. PostgreSQL
- Peranan
Database dalam Psikologi
DBMS merupakan software yang
digunakan untuk membangun suatu sistem basis data yang “sempurna”. DBMS harus
dapat mengatur basis data tersebut sehingga dapat tersimpan dengan baik tanpa
menimbulkan kekacauan, dapat dipakai oleh banyak user sesuai dengan kepentingan
masing-masing, melindungi dari gangguan pihak-pihak yang tidak berwenang.
Banyak program basis data yang
sudah sering kita gunakan, misalnya : FoxPro, Clipper, Access, dan dBASE. Itu
merupakan contoh dari DBMS yang digunakan pada PC dalam skala yang relatif
kecil. Dalam skala yang lebih besar, dikenal beberapa DBMS yang sering
digunkan, antara lain : Sybase, DB2, Informix, Oracle, dan lain-lain.
Database merupakan salah
satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam
menyediakan informasi bagi para pemakai. Databse terdiri dari data yang akan
digunakan atau diperuntukkan terhadap banyak user, dari
masing-masing user akan menggunakan data tersebut sesuai
dengan tugas dan fungsinya.
B. Sistem
Pakar (SP) dan AI (Artifical Intelegence)
- Definisi SP dan AI
Menurut Martin dan Oxman (2012), sistem pakar merupakan sebuah sistem berbasis komputer yang
menggunakan pengetahuan, fakta dan teknik penalaran yang dimiliki manusia
sebagai pakar yang tersimpan di dalam komputer, dan digunakan untuk
menyelesaikan masalah yang lazimnya memerlukan pakar tertentu. Sedangkan
menurut pengertian lainnya, Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang
berusaha mengapdosi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat
menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar
yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan
meniru kerja dari para ahli.
Menurut John McCarthy (2000), AI (artificial
intelligence) adalah Untuk mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir
manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia
- Sejarah SP dan AI
Sejarah SP (Sistem Pakar)
Sistem pakar adalah sistem yang
meniru kepakaran seseorang dalam bidang tertentu dalam menyelesaikan suatu
permasalahan. Seringkali sistem pakar disebut dengan sistem berbasis
pengetahuan. Di dalam sistem pakar terdapat fasilitas untuk melakukan hal yang
dinamakan dengan inference engine.Inference engine akan melakukan penarikan
kesimpulan menggunakan basis pengetahuan yang sebelumnya telah dimasukkan oleh
seorang knowledge engineer ke dalam sistem pakar. Sistem pakar
diciptakan tidak untuk menggantikan kedudukan seorang pakar tetapi
untuk memasyarakatkan pengetahuan & pengalaman pakar tersebut.
Sistem Pakar merupakan suatu metode Artificial
Intelligence yang berguna untuk meniru cara berpikir dan penalaran seorang
ahli dalam mengambil keputusan berdasarkan situasi yang ada. Sistem Pakar
pertama kali dikembangkan oleh komunitas AI pada pertengahan tahun 1960. Sistem
pakar yang muncul pertama kali ini adalah General-purpose Problem Solver (GPS)
yang dikembangkan oleh Newel dan Simon. GPS (dan program-program yang serupa)
ini mengalami kegagalan dikarenakan cakupannya terlalu luas, hingga kadang
justru meninggalkan pengetahuan penting yang seharusnya disediakan.
Sejarah AI (Artificial Intelligence)
Pada awal abad 17, René
Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya
mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung
digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles
Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis
yang dapat diprogram. Bertrand Russell dan Alfred North
Whitehead menerbitkan Principia Mathematica, yang merombak logika
formal. Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan
“Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas ” pada 1943 yang
meletakkan pondasi untuk jaringan syaraf.
Tahun 1950-an adalah periode
usaha aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk
menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of
Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis
oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis
oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah “kecerdasan buatan ”
pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956.
Dia juga menemukan bahasa pemrograman Lisp. Alan
Turing memperkenalkan “Turing test” sebagai sebuah cara untuk
mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA,
sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.
Selama tahun 1960-an dan
1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis
untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis
pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin
Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang
mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain
Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted
Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis
aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam
diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar
pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer
pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.
Pada tahun 1980-an, jaringan
syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali
diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Tahun 1990-an ditandai
perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam
aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur,
mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang
terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan
melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama
telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada
pemerintah AS. Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut
hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan
dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS,
komputer dan susunan sensor yang canggih, melintasi beberapa ratus
mil daerah gurun yang menantang.
- Hubungan
AI dan Kognisi Manusia
Teknologi Artificial
Intelligence memiliki hubungan yang erat dengan dunia teknologi komunikasi
dan informasi. Sama seperti proses komunikasi, Artificial Intelligence
menaruh perhatian yang besar terhadap konsep kognisi. Salah satu fungsi kognisi
yang kita kenal adalah bahasa. Dengan adanya sistem bahasa, komunikasi antara sender
dengan receiver dapat berjalan dengan lancar, dan sistem bahasa, lebih
spesifiknya sistem computer linguistic, pun telah menyumbang banyak
kontribusi bagi perkembangan dunia Artificial Intelligence. Dari
relasi ini, bisa terlihat bahwa bahasa sebagai salah satu konsep relevan dalam
dunia komunikasi memiliki hubungan yang demikian erat dengan perkembangan
teknologi artificial intelligence dari zaman dahulu hingga sekarang.
Selain itu, penalaran dan pengambilan keputusan adalah aspek lainnya dari
kognisi yang juga memiliki relasi dengan konsep komunikasi dan teknologi artficial
intelligence sendiri.
- Aplikasi
Sistem Pakar
* ELIZA
Eliza
adalah salah Sistem Pakar yang dikembangkan pada tahun 1966. Ini adalah program
computer terapis yang dibuat oleh Joseph Weizenbaum di MIT. Pengguna
berkomunikasi dengannya sebagaimana sedang berkonsultasi dengan seorang
terapis.
* PARRY
Parry
adalah Sistem Pakar yang dikembangkan di Stanford University oleh seorang
psikiater, Kenneth Colby, Hilf, Webber dan Kreamer pada tahun 1972 yang
mensimulasikan seorang paranoid sebagai subjek karena beberapa teori
menyebutkan bahwa proses dan sistem paranoid memang ada, perbedaan respon
psikotis dan respon normalnya cukup hebat, dan mereka bisa menggunakan
penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan dari kemampuan pemisahan
antara respon simulasi computer dan respon manusia.
* NETTALK
NETTALK program ini jenisnya cukup bebeda, berdasarkan pada jaring-jaring
neuron, sehingga dinamakan NETTALK. Program ini dikembankan oleh Sejnowki
disekolah medis Harvard dan Rosenberg di universitas Princeton. Dalam program
ini , NETTALK membaca tulisan dan mengucapkannya keras-keras.
-
Generalisasi peranan AI dalam bidang psikologi
1. Seorang psikolog yang sudah
memiliki banyak klien. Setiap klien memiliki permasalahan
yang berbeda-beda dan yang pasti identitas ynag
berbeda pula. Sebagai profesi pasti memiliki kode etik dalam bekerja yang tidak
dapat dilanggar, begitu pun psikolog memilki kode etik dengan klien. Salah satu
kode etik nya adalah menjaga kerahasiaan data klien. Data klien yang disimpan
dalam database membantu psikolog dalam menjaga kerahasiaan data tersebut.
Seperti yang telah dijelaskan mengenai kelebihan dlam pemakaian sistem DBMS
adalah keamanan data terjamin, mengurangi kerangkapan data.
2. Tes
kepribadian yang terdapat di jejaring sosial seperti
facebook. Misalnya seorang psikolog yang membuat tes
kepribadian melalui facebook. Dia membuat pertanyaan dan
jawaban terlebih dahulu sebelum tes tersebut di publish ke
facebook. Dia membbuat data tersebut dalam sistem database,
contohnya sebuah pertanyaan mengenai pilhan warna. Setiap
warna memiliki arti yang berbeda yang menggambarkan
kepribadian. Dia memasukkan data mengenai berbagai macam
warna beserta gamabran kepribadian berdasarkan warna
tersebut.
Jika sudah semua data dimasukkan dalam sistem database dan
DBMS kemudian di publish ke jejaring sosial. Jika seseorang
mencoba tes kerpibadian tersebut dantelah memilih jawaban
dari salah satu warna, maka data yang di dalam databse akan t
terpanggil dan akan muncul hasilnya yakni gambaran
kepribadian dari warna yang telah dipilih oleh orang tersebut.
facebook. Misalnya seorang psikolog yang membuat tes
kepribadian melalui facebook. Dia membuat pertanyaan dan
jawaban terlebih dahulu sebelum tes tersebut di publish ke
facebook. Dia membbuat data tersebut dalam sistem database,
contohnya sebuah pertanyaan mengenai pilhan warna. Setiap
warna memiliki arti yang berbeda yang menggambarkan
kepribadian. Dia memasukkan data mengenai berbagai macam
warna beserta gamabran kepribadian berdasarkan warna
tersebut.
Jika sudah semua data dimasukkan dalam sistem database dan
DBMS kemudian di publish ke jejaring sosial. Jika seseorang
mencoba tes kerpibadian tersebut dantelah memilih jawaban
dari salah satu warna, maka data yang di dalam databse akan t
terpanggil dan akan muncul hasilnya yakni gambaran
kepribadian dari warna yang telah dipilih oleh orang tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Yulid, Z. (2011). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Yulid, Z. (2011). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fattah, H. A. (2009). Analisis dan
Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Amikom
Teguh, J.K.
(2004). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Saepudin, A. (2007). Sistem informasi berbasis komputer. Surabaya: Komputer
Deka, A. (2012). Pengertian sistem informasi berbasis komputer dengan contoh sistem pakar. Jakarta: Gramedia
Sumarta, S. (2010). Pengantar system informasi berbasis komputer. Bandung: Erlangga
Sutabri, T.,2003. Sistim Informasi Managemen. Penerbit ANDI Yogyakarta.
Rudy, M., & Sam, O. (2012). Artificial Intelligence (AI). Penerbit Erlangga
Jhon, M. 2000. Aplikasi Access dalam Pengolaan Data Personalia. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Tidak ada komentar